Kamis, 12 April 2012

PEMOGRAMAN JARINGAN 1


A Communications Model A Communications Model
• Source
– Menghasilkan data untuk ditransmisikan
• Transmitter
– Mengkonversikan data ke dalam sinyal yang bisa
dit i ik ditransmisikan
• Transmission System
Si b d – Sistem pembawa data
• Receiver
– Mengkonversi sinyal yang diterima ke dalam data
• Destination
– Mengambil data yang datangPemrograman Jaringan 1
anton@ukdw ac id anton@ukdw.ac.idNetwork Program Network Program
Dji bh ji • Dengan jaringan, sebuah program jaringan
dapat menerima informasi dari seluruh komputer
yang ada diseluruh dunia. yang ada diseluruh dunia.
– Dapat juga berkomunikasi dengan banyak orang
diseluruh dunia, namun juga dapat mengancam
komputer komputer diseluruh dunia komputer-komputer diseluruh dunia
• Program jaringan yang simple dan terkenal • Program jaringan yang simple dan terkenal
adalah client server
– Contoh: browser-web server, chatting/messenger,  ,g g,
multiplayer games, peer-to-peer applications seperti
Gnutella.Apa yg dapat dilakukan NP? Apa yg dapat dilakukan NP?
• Retrieve Data
– Paling banyak dipakai
– Cth: browser, RSSReader
• Send Data
– Cth: File Storage , Grid Computing
• Peer to Peer Interaction Peer to Peer Interaction
– Cth: Games, Chat/Messenger, File Sharing
• Web Based Application: ex Search Engine • Web Based Application: ex Search Engine
• E-CommerceApplications of Network
Programming
• Network Tools
– traditional: telnet, ftp, rsh, rlogin, SMTP,
• Internet Tools
– gopher, HTTP, NTP, Chat rooms gp , , ,
• Collaborative Tools
– Application Sharing Desktop Conferencing – Application Sharing , Desktop Conferencing,
Distance Learning, Synchronizer
• Distributed Object Computing • Distributed Object Computing
– SUN RPC, CORBA, JAVA RMI
Di t ib t d D t b O l SQL • Distributed Databases: Oracle, SQLserverIRI: Interactive Distance
Learning MASH: Internet-based Video
ConferencingNetworking Networking
• Point to point communication: tidak praktis
– Devices terlalu jauh j
– Kumpulan device akan membutuhjan koneksi
yang sangat banyak yang sangat banyak
• Solusinya adalah jaringan komunikasiComputer Network Computer Network
• Jaringan komputer adalah seperangkat
komputer otonom yang saling terhubung  pyggg
yang secara eksplisit terlihat, sehingga
dapat saling bertukar informasi/data dan dapat saling bertukar informasi/data, dan
berbagai (share) satu dengan yang
lainnya [Tanenbaum 1996] lainnya.  [Tanenbaum 1996] Networking Concepts Networking Concepts
Sti i dl b hj i di bt“ d ” • Setiap mesin dalam sebuah jaringan disebut “node”.
• Node dapat berupa komputer, printer, router, bridge,
gateway dan lain-lain gateway dan lain-lain.
• Node-node yang berupa komputer yang memiliki fungsi,
disebut “host”. 
• Setiap node memiliki alamat tertentu yang disebut IP.
• Alamat yang dipakai harus berbeda-beda.
– Setiap host selalu memeriksa setiap alamat yang ada agar
jangan sampai sama
– Jika suatu alamat sudah dipakai maka akan secara random  p
membuat alamat yang baru sampai alamatnya tidak sama
dengan yang lain dalam satu jaringan yang sama. 
– Hal ini diatur oleh DHCP (Dynamic Host Control Protocol) Hal ini diatur oleh DHCP (Dynamic Host Control Protocol) DNS DNSNetworking Concepts Networking Concepts
Ki i l t j i d t k • Kini, alamat jaringan dapat menggunakan
“nama” sehingga manusia dapat lebih mudah
mengingatnya. mengingatnya. 
• Pada kenyataannya “nama” ini akan diubah
dahulu menjadi alamat byte pada saat  jy
pemrosesan. 
– Hal ini diatur oleh DNS (Domain Name System).
S t t l bih h kili t • Satu atau lebih nama harus mewakili satu
alamat byte fisik.
– Hal ini akan diatur oleh Server Alias pada Server Hal ini akan diatur oleh Server Alias pada Server. 
– Misalnya : localhost dan antonie.com dapat menunjuk
pada satu alamat IP yang sama yaitu 127.0.0.1IP Address IP Address
• IP Address : A unique 32 bit number.
Dotted Decimal Notation : 192 41 6 20 – Dotted Decimal Notation : 192.41.6.20
– Range : 0.0.0.0 – 255.255.255.255
• Classes of IP Addresses
Class A : 0{7 bits Network} {24 bits Host} – Class A : 0{7 bits Network}.{24 bits Host}
• 128 network IP Address (dari 0.xxx.xxx.xxx sampai 127.xxx.xxx.xxx.)
– Class B : 10{14 bits Network}.{16 bits Host}
• 16384 network IP Address (128.0.xxx.xxx sampai 191.255.xxx.xxx.)
– Class C : 110{21 bits Network}.{8 bits Host}
• >2 juta network IP Address (192.0.0.xxx sampai 223.255.255.xxx.)
– Class D : 1110{Multicast address}
• Range: 224 0 0 0 239 255 255 255 • Range: 224.0.0.0 – 239.255.255.255
– Class E : 11110{Reserved for future use}
• Range: 240.0.0.0 – 254.255.255.255
– Bagian pertama: Network ID, bagian kedua: host ID
• Special IP-addresses
– 0.0.0.0 : This host
– 255.255.255.255 : Broadcast on local network
– 127.?.?.? : LoopbackIP private IP private
• Kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255
Kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255
Kelas C : 192.168.0.0 – 192.168.255.255Pengiriman Data Pengiriman Data
• Dua jenis teknologi switching:
– Circuit switching g
– Packet switching
• Data dikirim dari satu node ke node lain • Data dikirim dari satu node ke node lain.
• Pengiriman tidak dilakukan sekaligusCircuit Switching Circuit Switching
• Untuk komunikasi 2 stasiun / node
– Transfer
– Disconnect
H iliki k ti • Harus memiliki kemampuan routing
• Biasa dipakai pada jaringan telepon ppjg pCircuit Switching Applications Circuit Switching - Applications
• In-efficient
– Channel capacity didedikasikan untuk suatu koneksi,
jika tidak ada data, maka kapasitas nya mubazir
• Set up (connection) butuh waktu
• Circuit switching didesain untuk voice
– Resources didedikasikan untuk suatu panggilan  pgg
tertentu
– Jika idle, waktu banyak terbuang
– Data rate is fixed
• Both ends must operate at the same ratePacket Switching Principles Packet Switching Principles
D t t itt d i ll k t • Data transmitted in small packets
– Typically 1000 bytes
L lit i t i f k t – Longer messages split into series of packets
– Each packet contains a portion of user data plus
some control info some control info
• Control info
– Routing (addressing) info – Routing (addressing) info
• Packets are received, stored briefly (buffered)
and pass on to the next node and pass on to the next node
– Store and forwardSwitching Technique Switching Technique
• Station breaks long message into packets
• Packets sent one at a time to the network Packets sent one at a time to the network
• Packets handled with DatagramDatagram Datagram
• Each packet treated independently
• Packets may arrive out of order Packets may arrive out of order
• Packets may go missing
• Up to receiver to re-order packets and
recover from missing packets eco e o ss g pac etsProtocols Protocols
• Untuk berkomunikasi antar aplikasi dalam sistem • Untuk berkomunikasi antar aplikasi dalam sistem
• Harus berkomunikasi menggunakan “bahasa yang
sama”
• Entities
– User applications
– e-mail facilities
– terminals
• Systems
– Computer
Til – Terminal
– Remote sensorProtocol Architecture Protocol Architecture
• Tugas2 komunikasi dibagi kedalam
modul2 / bagian2. g
• Contoh: file transfer dibagi ke dalam 3
modul: modul:
– Aplikasi file transfer
– Modul Communication service
– Modul Network access Modul Network accessTCP/IP Protocol Architecture TCP/IP Protocol Architecture
DldbthUSDf Ad d • Developed by the US Defense Advanced
Research Project Agency (DARPA) for its packet
switched network (ARPANET) switched network (ARPANET)
• Used by the global Internet
• No official model but a working one. No official model but a working one.
– Application layer
– Host to host or transport layer Host to host or transport layer
– Internet layer
– Network access layer Network access layer
– Physical layerTCP/IP Protocol Architecture(1) TCP/IP Protocol Architecture(1)
• Application Layer
– Communication between processes or applications
• Host to host, or transport layer (TCP/UDP/…)
– Reliable delivery of data Reliable delivery of data
– Ordering of delivery
• Internet Protocol
Menentukan jalur: jalur yang ditempuh antara pengirim – Menentukan jalur: jalur yang ditempuh antara pengirim
dan penerima.
– Switching: memindahkan paket dari input router ke output
router yang sesuai. router yang sesuai.
– Call Setup: beberapa arsitektur jaringan membutuhkan
setup koneksi dahulu.
• Network Layer & Physical Layer • Network Layer & Physical Layer
– Bertugas menentukan karakteristik media transmisi, rata-
rata pensinyalan, dan skema pengkodean sinyal py pg yTCP TCP
TiiCtlPtldt tl • Transmission Control Protocol, pada transport layer
– Reliable connection
• Adanya pengecekan error • Adanya pengecekan error
• Dijaga urutan message
• Komunikasi duplex – dua arah Komunikasi duplex  dua arah
• Segmentasi - TCP PDU
– Called TCP segment
– Includes source and destination port
• Identify applications
• Connection refers to pair of ports Co ecto eestopa o pots
• TCP tracks segments between entities on each
connectionUDP UDP
• User Datagram Protocol
• Not guaranteed delivery Not guaranteed delivery
• No preservation of sequence
• No protection against duplication
• Minimum overhead • Minimum overhead
• Adds port addressing to IP
• Contoh: DNS, streammingOSI Model OSI Model
• Open Systems Interconnection
• Developed by the International Developed by the International
Organization for Standardization (ISO)
Sl • Seven layers
• A theoretical system delivered too late! t eo et ca syste de e ed too ate
• TCP/IP is the de facto standardOSI Layers OSI Layers
• Application
• Presentation Presentation
• Session
• Transport
• Network • Network
• Data Link
• PhysicalOSI v TCP/IP OSI v TCP/IPPorts Ports
Gll thilhil ti • Generally a computer has a single physical connection
to the network.
• The data can be intended to different applications The data can be intended to different applications
• Port: A unique place within the machine.
– 16 bit number
– Well-known ports: 0..1023 are reserved ports
• FTP is 21, TELNET 23, SMTP 25, HTTP 80, POP
– Custom Use > 1024 – Custom Use > 1024
• The TCP and UDP protocols use ports to map incoming
data to a particular process running on a computerPort Service Port Service
Eh t7 • Echo, port 7
– Echo is a test protocol used to verify that two machines are able
to connect by having one echo back the other's input. yg p
• FTP
– Port 20 is used to transfer files.
P t 21 i d t d FTP d lik t d t – Port 21 is used to send FTP commands like put and get.
• SSH, port 22
– Used for encrypted remote logins Used for encrypted, remote logins.
• Telnet, port 23
– Used for interactive, remote command-line sessions.
• Smtp, port 25
– Used to send email between machines.Port Service Port Service
HTTP t 80 • HTTP, port 80
– The underlying protocol of the World Wide Web.
• POP3 port 110 • POP3, port 110
– protocol for the transfer of accumulated email from the host to
sporadically connected clients.
• NNTP, port 119
– Usenet news transfer; more formally known as the "Network
News Transfer Protocol".
• IMAP, port 143
– Internet Message Access Protocol is a protocol for accessing
ilb t d mailboxes stored on a server.
• RMI Registry, port 1099
– The registry service for Java remote objects. The registry service for Java remote objects.Tujuan Internet RFC 871 Tujuan Internet RFC 871
• Resource sharing between networks
– Internet must support a variety of networking  pp y g
gateways
• Interoperability • Interoperability
– Internet must support a variety of networking
t gateways
• Reliability and robustness y
• Efficient and SimpleSecurity Issues Security Issues
•Firewall ea
– Mesin khusus yang dikonfigurasikan untuk menjaga sesuatu yang merusak dan
menjaga incoming dan outgoing data.
– Biasanya firewall system akan membatasi suatu akses keluar komputer dengan Biasanya firewall system akan membatasi suatu akses keluar komputer dengan
membatasi services yang tidak perlu untuk meminimalisasi potensi
cracking/hacking
– The firewall works by intercepting incoming communication from machines on
the Internet, an outgoing communication from machines within a local area
network.
– It operates at the packet level, intercepting IP datagrams that reach it. By
examining the header fields of these datagrams the firewall can tell where the examining the header fields of these datagrams, the firewall can tell where the
datagram is heading and from where it Security Issues Security Issues
PS • Proxy Server
– Sebuah mesin yang bertindak sebagai proxy untuk
protokol aplikasi protokol aplikasi.
– Server menerima koneksi yang masuk dari local
network dan membuat request ke mesin yang  qyg
terkoneksi dengan Internet
– 2 Keuntungan:
• Akses langsung ke internal machines tidak pernah terjadi
dan proxy server dapat mengkontrol transaksi.
– Hak akses HTTP dapat dibatasi terhadap website-website
tertentu saja, dan akses ke RealAudio atau Game dan software
aplikasi lain juga tidak bisa dilakukan
• Proxy servers juga melakukan log networking eventsPraktikum Praktikum
• Masih teori, jadi masih refresh PBO!
• Buatlah kelas Point Line Polygon Buatlah kelas Point, Line, Polygon,
Rectangle, dan Triangle
Bthd th d d i j d • Baca method-methodnya dari javadoc
yang disediakanPraktikum Praktikum
• Buatlah program dalam kasus BankDo: Do:
Bt bhl Mi Buat sebuah class Main yang:
• Membuat 2 objek dari class BankBCA untuk nama :
"BCA JendSud" dan "BCA Urip" BCA JendSud  dan  BCA Urip
• Tampilkan message bahwa kedua object telah dibuat!
• Membuat 2 objek class Nasabah yang mengeset : setAll Membuat 2 objek class Nasabah yang mengeset : setAll
dan tampilkan pesan bahwa kedua object telah dibuat!
• Masing-masing class Nasabah memanggil method
b d bil! nabung dan ngambil!
• Tampilkan sisa saldo akhir masing-masing nasabah
NB k k d t k k th d • NB : gunakan keyword super untuk mengakses method
dari class Nasabah yang extends ke OrangTampilan Akhir Tampilan AkhirPraktikum: Browser Praktikum: BrowserNEXT NEXT
• HTTP programming

Tidak ada komentar:

Posting Komentar